Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cuti Bersama Lebaran 2023 tanggal berapa? Ini jawabannya!

Cuti bersama lebaran merupakan momen yang sangat dinantikan oleh sebagian besar masyarakat terutama di Indonesia. Memang setiap tahun pemerintah Indonesia menetapkan hari cuti bersama biasanya beberapa hari menjelang dan setelah hari raya idul Fitri. Jumlah harinya biasanya berbeda-beda setiap tahunnya tergantung dari kebijakan pemerintah pada saat itu. 

Cuti bersama lebaran 2023 tanggal berapa? Untuk lebaran 2023 ini jumlah cuti bersama yang diberikan adalah sebanyak 5 hari yaitu dari tanggal 19, 20, 21 April dan tanggal 24, 25 April 2023. Penetapan ini merupakan penetapan terbaru di mana jumlah cuti bersama bertambah satu hari dari yang semula adalah 4 hari. Penambahan ini menjadi kabar gembira bagi para aparatur sipil negara maupun para pekerja di kantor maupun perusahaan. 

Lihat tanggal cuti bersama lebaran 2023 di aplikasi Kalender Indonesia Lengkap.

Cuti bersama lebaran mempunyai tujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk pulang kampung dan berkumpul dengan keluarga dekat mereka. Selain itu digunakan untuk bersilaturahmi dengan teman-teman lama yang selama beberapa tahun belakangan ini mungkin tidak berjumpa. Memang momen hari raya idul Fitri sudah menjadi tradisi sebagai ajang silaturahmi bagi para kaum muslimin baik silaturahmi kepada keluarga dekat maupun kepada sahabat dan kerabat jauh. 


Selain silaturahmi biasanya cuti bersama dimanfaatkan untuk berwisata. Bagi yang mempunyai budget yang lumayan besar biasanya memilih tempat wisata yang lebih bonafit dan lebih jauh dari tempat tinggalnya misalnya ke pulau Bali, ke Jogjakarta, dan lain-lain. Ada juga yang memanfaatkan momen lebaran dengan berkunjung ke tanah suci atau ke tempat-tempat lain yang terkait dengan sejarah Islam. Tetapi bagi mereka yang budgetnya pas-pasan biasanya berwisata di tempat wisata-wisata lokal yang dekat dengan rumah. Contohnya adalah pemandian umum, wisata alam, dan sebagainya. 

Momen idul Fitri dan cuti bersama juga mempunyai dampak positif bagi perekonomian bangsa. Di momen ini biasanya masyarakat membelanjakan uang lebih banyak daripada sebelumnya. Terutama uang-uang yang sudah mereka kumpulkan selama setahun penuh. 

Tetapi ada hal yang mungkin negatif dari dampak cuti bersama yaitu adanya lonjakan harga baik harga makanan pokok maupun tiket transportasi selama lebaran. Selain itu karena banyaknya pemudik maka jalan-jalan yang menuju ke daerah-daerah biasanya rawan kemacetan dan ini menimbulkan dampak tersendiri bagi para pemudik di mana menghabiskan waktu lebih banyak di jalan raya. 

Demikian artikel cuti bersama lebaran 2023 tanggal berapa semoga bisa memberi manfaat dan informasi kepada para pembaca sekalian.

Posting Komentar untuk "Cuti Bersama Lebaran 2023 tanggal berapa? Ini jawabannya!"