Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanggal lebaran Idul Fitri 2023 jatuh pada tanggal ini

Tanggal lebaran idul Fitri adalah momen yang begitu ditunggu oleh seluruh umat muslim di pelosok dunia termasuk di Indonesia. Lebaran idul Fitri merupakan hari raya bagi umat Islam yang biasanya dirayakan bertepatan pada bulan Syawal setelah umat Islam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Jika menggunakan penanggalan Masehi maka jatuhnya tanggal lebaran Idul Fitri biasanya selalu berubah setiap tahun. Tergantung pada hilal atau bulan sabit di awal bulan Syawal. 

Tanggal lebaran Idul Fitri 2023 jatuh pada tanggal ini:

Pada tahun 2023 ini, tanggal lebaran idul Fitri sepertinya terjadi perbedaan antara NU dan Muhammadiyah. Kaum Muhammadiyah menetapkan bahwa tanggal lebaran Idul Fitri 2023 jatuh pada 21 April 2023 sedangkan kaum NU masih menunggu munculnya hilal satu Syawal dan diperkirakan bisa jadi jatuh pada tanggal 22 April 2023 tetapi tetap bisa berubah tergantung dari hasil pengamatan hilal. 


Tanggal pasti hari lebaran idul Fitri 2023 akan diumumkan secara resmi oleh Pemerintah Indonesia melalui kementerian agama setelah melalui rapat sidang isbat yang rutin dilakukan setiap tahun. 

Dalam sidang tersebut biasanya hadir berbagai organisasi keagamaan dan badan observatorium yang bertugas untuk mengamati hilang bulan Syawal. 

Pengamatan hilal biasanya dilakukan menjelang dan saat matahari terbenam dan pada saat itu keberadaan bulan sabit dilihat menggunakan teropong. Jika bulan sabit dapat terlihat maka keesokan harinya ditetapkan sebagai hari lebaran idul Fitri. Sedangkan jika hilal belum terlihat maka lebaran biasanya ditetapkan lusanya sehingga keesokan harinya masih tetap puasa. 

Lebaran idul Fitri adalah hari raya yang diliputi oleh kegembiraan dari berbagai lapisan masyarakat dan merupakan tradisi yang unik di Indonesia karena hari raya tersebut diwarnai dengan mudik. Biasanya pada saat momen mudik terjadi kepadatan kendaraan ke wilayah-wilayah yang menjadi kampung dari para pemudik. 

Setiap negara mempunyai tradisi merayakan hari lebaran idul Fitri masing-masing yang merupakan ciri khas dari negara tersebut. Di Arab Saudi biasanya banyak umat muslim yang melakukan umrah dan di negara-negara Asia seperti Indonesia dan Malaysia biasanya disajikan berbagai macam makanan tradisional dan saling mengunjungi untuk bersilaturahmi. Sedangkan di Turki biasanya ada tradisi berbuka puasa bersama kemudian mengunjungi makam keluarga untuk berziarah.

Posting Komentar untuk "Tanggal lebaran Idul Fitri 2023 jatuh pada tanggal ini"